Madrasah Amanah Ruteng Siapkan Media Sekolah

By Budianto Gunawan 20 Feb 2018, 22:47:06 WIB Pendidikan
Madrasah Amanah Ruteng Siapkan Media Sekolah

Keterangan Gambar : Ketua Yayasan Baiturrahman Ruteng H. Amir F. Kelilauw didampingi Kepala MI Amanah Abdullah, S.Pd.I., dan narasumber Syam Kelilauw berpose bersama guru RA, MI, dan MTs Amanah Ruteng


Ruteng (sanurpost.com) – MADRASAH Amanah yang dikelola Yayasan Baiturrahman Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, berancang-ancang menyiapkan peluncuran media sekolah. Media yang akan diluncurkan berupa majalah dan laman (website) sekolah berbasis Islam.

MADRASAH AMANAHKetua Yayasan Baiturrahman Ruteng H. Amir F. Kelilauw diapit Abdullah (kanan) dan Syam Kelilauw

Hal ini terungkap dalam tatap muka Pendiri dan Ketua Yayasan Baiturrahman H. Amir F. Kelilauw dan sekitar 30-an guru dipandu Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Amanah Ruteng, Abdullah, S.Pd.I. Tatap muka tersebut juga diisi sharing pengalaman membangun manajemen promosi sekolah yang disampaikan jurnalis Syam Kelilauw.

Ketua Yayasan H. Amir mengatakan, sharing pengalaman membangun manajemen promosi madrasah yang dikelola pihaknya amat penting. Kalangan pimpinan dan guru perlu terus-menerus menambah wawasan, termasuk memperdalam dan memperluas wawasan dalam bidang manajemen promosi pendidikan di lingkungan sekolah masing-masing.

“Yayasan Baiturrahman Ruteng mengelola tiga lembaga pendidikan, yaitu Raudlatul Athfal (RA) Amanah, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Amanah, dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Amanah di Cuncalawar, Kota Ruteng,” jelas H. Amir yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai itu.

RA merupakan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), MI setara sekolah dasar, dan MTs setingkat sekolah menengah pertama (SMP). Ketiga sekolah ini berdiri di atas lahan milik yayasan. Bangunan sekolah sudah permanen.

H. Amir menaruh harapan besar manajemen sekolah, baik kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan berusaha memetik nilai tambah yang bermanfaat untuk memajukan mutu proses  belajar dan mengajar di semua jenjang pendidikan.

“Harus bersama-sama komit memajukan sekolah kita. Kalau mau maju bersama harus ada perubahan nyata untuk itu. Guru tidak lagi bisa hanya sibuk dengan rutinitas sekolah. Banyak faktor menentukan sebuah institusi pendidikan akan maju atau jalan di tempat,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi NTT ini.

Senada dengan itu, Syam Kelilauw mengingatkan, investasi pendidikan merupakan investasi kemanusiaan. “Ini berarti tidak main-main nilainya. Investasi pendidikan amat mulia. Namun, investasi pendidikan harus diikuti program lain yang secara nyata menunjang seluruh proses belajar dan mengajar yang berkualitas,” papar Pendiri dan Pemimpin Umum Media Sanur Post dan sanurpost.com itu.

Mantan wartawan Kelompok Media Bali Post ini menyinggung urgensi media sekolah. Lembaga pendidikan dasar dan menengah tak cukup hanya memfasilitasi kegiatan majalah dinding alias mading.

“Sekolah juga harus punya media sendiri, baik media cetak maupun media dijital online. Lewat media ini bakat menulis murid dan guru bisa disalurkan. Media sekolah juga penting untuk mengangkat potensi dan prestasi anak didik. Inilah media promosi sekolah yang dikelola dari, oleh, dan untuk sekolah,” ujar alumnus FH Unud ini.

Syam mendorong RA, MI, dan MTs Amanah Ruteng mulai nenyiapkan langkah nyata untuk mewujudkan peluncuran media massa sekolah ini. “Saya usulkan namanya Majalah Amanah, juga harus siap-siap punya laman atau website sekolah,” harapnya.

Mansur, guru MTs Amanah, mengungkapkan, MTs sudah memiliki server sendiri. “Dengan perangkat ini, guru dan siswa MTs Amanah bisa menggunakan jaringan internet di lingkungan sekolah. Siswa kelas tiga juga akan ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ungkapnya.

Pihaknya sudah pula mengupayakan pembuatan domain gratis bantuan kementerian pendidikan untuk kepentingan website madrasah ini. Sebuah lembaga pendidikan tinggi IT di Mataram dilibatkan untuk itu sebagai prasyarat.

Tetapi, kata Mansur, sampai sekarang itu belum terealisir. “Kami coba tindaklanjuti lagi nanti,” janjinya.

Yuti Farini, S.Pd., guru MI Amanah Ruteng, menyambut sumringah gagasan penerbitan majalah  dan websitesekolah. “Keberadaan majalah sekolah di lingkungan RA, MI, dan MTs Amanah amat penting. Ini bisa makin mendorong minat baca guru dan siswa, juga ini penting sebagai media promosi sekolah serta mengangkat potensi guru dan murid berprestasi,” harapnya.

Kepala MI Amanah Abdullah, S.Pd.I. merespons antusias pula ide penerbitan media sekolah ini. “Apalagi kalau madrasah kita punya website otomatis guru-guru juga harus mulai membiasakan diri pakai hp android agar gampang akses informasi di media online sekolah kita nanti,” ujarnya.***




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment