Masuk Tahun Ke-2, MTs Amanah Menerapkan Ujian Berbasis Smartphone

By Admin 03 Des 2018, 13:17:40 WIB Pendidikan
Masuk Tahun Ke-2, MTs Amanah Menerapkan Ujian Berbasis Smartphone

Keterangan Gambar : Suasana kelas ketika siswa Kelas VIII MTs Amanah Ruteng melaksanakan ujian berbasis Smartphone, Senin (3/12/2018)


Ruteng – “Zaman batu telah berakhir bukan karena kehabisan batu. Zaman batu berakhir karena sudah ditemukan teknologi baru”, ini istilah lama yang kerap disampaikan ketika menemukan pola baru terhadap suatu perkembangan zaman.

Demikian halnya dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi sangat cepat yang membutuhkan kesigapan dalam menjemputnya jika tidak mau ketinggalan kereta. Sistem ujian kertas pensil/balpoint sepertinya sudah saatnya kita lalui menuju era ujian berbasis Computer Based Test (CBT) atau Smartphone.

Manajemen MTs Amanah Ruteng dalam menjemput perkembangan tersebut salah satu bentuk penerapanya adalah dengan menggunakan sistem evaluasi berbasis CBT/Smartphone semua jenjang ujian, baik ulangan Kompetensi Dasar (KD), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Semester hingga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ujar kepala Madrasah Marience Ago, S.Ag disela-sela memantau Ujian Semester Ganjil, senin (3/12/2018) pada redaksi madrasahruteng.com.

Untuk diketahui, pada MTs Amanah Ruteng merupakan tahun kedua pelaksanaan ujian berbasis CBT/ Smartphone. Dalam pelaksanaanya sangat ekonomis, efisien dan berintegritas serta banyak membantu pekerjaan-pekerjaan guru yang selama ini mejadi bumerang tersendiri bagi guru. Seperti mengoreksi jawaban dan menganalisis jawaban siswa. Tetapi dengan penerapan ujian CBT/smartphone ini semuanya dalam satu rangkain ujian CBT/smartphone, ucap Wahyuni, S.PdI wakamad kurikulum MTs Amanah.

Saat yang sama, usai ujian hari pertama Putri Ayu Septiani siswa kelas IXB merespon penerapan ujian CBT/smartphone di sekolahnya merasa sangat senang dan bangga kerena di sekolahnya dua langkah lebih maju ketimbang beberapa sekolah lain di kota Ruteng, khususnya penerapan dalam bidang ujian CBT. Penggunaan ujian CBT sendiri ungkap Ayu sapaanya sangat simpel apalagi nilai ujiannya lansung keluar pada monitor pasca ujian. (msr)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment