MTs Amanah Ruteng Onlinekan Pengisian Aplikasi Raport Digital

By Admin 15 Jun 2019, 07:44:19 WIB Pendidikan
MTs Amanah Ruteng Onlinekan Pengisian Aplikasi Raport Digital

Keterangan Gambar : Tampak depan Aplikasi Rapor Digital ARD V2.1


Ruteng, Manggarai - Perkembangan teknologi kian pesat mengharuskan kita tidak cukup menunggu. Tetapi harus menjemput berbagai inovasi yang terus dikembangkan dari berbagai aspek jika tidak mau ketinggalan kereta. 

Sekiranya itulah yang dilakukan MTs Amanah Ruteng dalam menjemput aplikasi penilain hasil belajar peserta didik atau biasa disebut Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang di kembangkan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Republik Indonesia.

ARD ini sebagaimana kita ketahui sistem kerjanya menggunakan sistem jaringan lokal. Jadi tidak membutuhkan internet untuk mengaksesnya, hanya pada saat pertama login, update aplikasi, singkron dan kirim hasil rapor ke server pusat yang membutuhkan jaringan internet (data). Menggunakan jaringan lokal kelemahannya adalah jangkauan aksesnya sangat terbatas.

"Aplikasi ARD ini juga tergolong baru, karena baru diterapkan dua semester bejalan oleh madrasah. Antusias tenaga pendidik dalam menggunakannya cukup bagus walau masih ada beberapa yang harus dibenahi lagi kedepannya. Ditambah lagi teman-teman guru belum terbiasa menggunakannya," ungkap Marience Ago, S.Ag Kepala Madrasah MTs Amanah Ruteng, Senin (10/6/2019). 

Pada saat yang sama Bu Marience Ago berharap "dengan adanya ARD ini bukan menjadi beban bagi guru-guru yang ada di sekolah, tetapi menjadi spirit untuk berkreasi sekaligus membuat inovasi untuk menyederhanaknnya supaya lebih simple, terbantu dan menyenangkan jika digunakan," ungkapnya.

Dengan segala keterbatasan insfrastruktur yang dimiliki sekolah MTs Amanah Ruteng mengoneline kan ARD adalah salah satu solusinya pada Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2018/2019. Agar pekerjaan guru lebih mudah dan disederhanakan. Dimana guru tidak lagi ada batasan lokasi atau wilayah tertentu saja bisa input nilai rapor. Penigisian raport bisa dilakukan di sekolah, rumah maupun tempat-tempat yang menyenangkan lainnya," tutur Mansur Amriatul proktor MTs Amanah Ruteng.

"Guru dapat mengakses ARD kapan dan dimanapun berada dengan cara mengakses link yang sudah disediakan baik menggunakan PC, laptop maupun smarphone," tutup Mansur. (msr)

Akses ARD Klik Link di bawah ini !




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment