Perkuat Pengetahun Siswa MTs Amanah Programkan Literasi Tiap Pagi

By Admin 30 Jul 2018, 12:01:41 WIB Pendidikan
Perkuat Pengetahun Siswa MTs Amanah Programkan Literasi Tiap Pagi

Keterangan Gambar : Pagi hari di teras madrasah siswa sedang berliterasi


“Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya “kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)”,  Merriam-Webster dalam kamus online.

Dalam rangka melestarikan budaya literasi pada MTs Amanah Ruteng Manggarai dalam menumbuh kembangkan minat baca dan menulis siswa/siswi menggalakkan program wajib literasi setiap pagi selama satu 45 menit tiap harinya sebelum memulai pelajaran kecuali hari sabtu jadwal pengembangan diri.

Dalam praktiknya, dalam kurun waktu 60 menit tersebut selain berliterasi para siswa diarahkan secara bergantian untuk melaksanakan sholat Dhuha dan Mengaji yang dibimbing oleh guru-guru yang sudah ditugaskan untuk membimbing mengaji. Masuk sekolah pukul 06.45 sampai 07.45 WIT diisi dengan Program Literasi dan pukul 07.45 baru mulai aktif pembelajaran di kelas.

Gerakan Literasi di MTs Amanah Ruteng merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan para siswa/siswi dan tenaga pendidik atau pencari ilmu sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.

Kepala MTs Amanah Ruteng Marience Ago S.Ag menjelaskan “bahwa sejak Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah beberapa tahun lalu, MTs Amanah Ruteng pada tahun pelajaran 2018/2019 ini menjadi perhatian serius khusus untuk menggalakkan  Gerakan Literasi Sekolah. Dengan tujuan untuk melatih kecepatan membaca , memahami sekaligus kemampuan mempresentasikan hasil bacaannya baik lisan maupun dalam bentuk tulisan”, ungkapnya.

Pada saat yang sama Marinece Ago sangat mengharapkan “kepada seluruh warga Madrasah khususnya siswa/siswi serius menyukseskan program tersebut, sehingga kedepan literasi menjadikan minat baca menjadi kebiasaan atau hobbi dan pada gilirannya menjadikan kebutuhan. Karena dengan membaca sangat besar manfaanya, dengan membaca bisa membuka dunia dalam hal ini membuka cakrawala, memperluas imajinasi, memperhalus tutur kata dan memperindah budi pekerti. Jika kita sering membaca maka motivasi menulis akan ikut dengan sendirinya. Orang yang sering membaca maka akan bertambah pula kosa katanya”, tutupnya. (msr)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment